Sekatojambi.com, (Jambi)- Direktorat Reskrimum Polda Jambi berhasil amankan ratusan senjata api rakitan dari laras panjang dan pendek.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kapolda Jambi Irjen. Pol. Albertus Rachmat Wibowo saat acara pemusnahan senjata api (Senpi) rakitan atau Kecepek sebanyak 104 unit dari bulan November 2021 kepada Polres jajaran Polda Jambi pada hari Jum’at 31 Desember 2021.

Pemusnahan tersebut, dilakukan secara langsung dihadapkan Kapolda Jambi beserta Jajarannya, dihalaman Mapolda Jambi Jumat dengan menggunakan mesin penghancur senjata tersebut terpotong hingga beberapa bagian.

Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIk, usai memimpin bersama Wakapolda Jambi Brigjen Pol Yudawan R, SH,MH, mengatakan senjata api rakitan ini diantaranya 96 senjata laras panjang dan 8 senjata laras pendek.

“Senjata ini hasil dari pada warga ke 4 Polres yakni Polres Tanjab Barat, Polres Tebo, Polres Bungo dan Polres Sarolangun. Paling banyak Polres Sarolangun dan Bungo,” tambah Kapolda A Rachmad

Dari keempat wilayah disebutkan warga dari polres Bungo dan Sarolangun yang paling banyak menyerahkan senpi tersebut

Untuk diketahui senpi rakitan ini diserahkan secara sukarela oleh warga melalui pendekatan kepada tokoh-tokoh Masyarakat secara persuasif, karna penggunaan senjata api ini dilarang dan melanggar undang-undang darurat no 12 Tahun 1951 .

“Ini adalah upaya kita dari jajaran Polda termasuk juga Polres kepada masyarat untuk menyerah kan jadi Kita melakukan pendekatan ke tokoh-tokoh masyarakat untuk menyerahkan Senpi secara sukarela” tandasnya.

(Novalino)