SEKATOJAMBI.COM, JAMBI – Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) akan melakukan pendekatan dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi dan Kementrian Kominfo terkait semrawutnya kabel dan pemasangan tiang provider di Kota Jambi.

“Pemkot Jambi terus berupaya untuk melakukan penataan jaringan kabel-kabel yang masih melintang di atas permukaan tanah. Kesemrawutan kabel-kabel tersebut memang mengganggu estetika dan berbahaya. Jadi memang menjadi perhatian pemkot,” kata Kadis Kominfo Kota Jambi, Abu Bakar, Minggu (09/07/2023).

Karena tak memiliki kewenangan, Pemkot Jambi akan meminta diskresi atau penggunaan wewenang untuk mengatasi masalah tersebut.

“Kami tentu akan koordinasi dengan Pemprov Jambi, dan juga Kementrian Kominfo. Supaya kami bisa diberi kewenangan sebagai bentuk diskresi, dan supaya bisa melakukan tindakan atau penertiban,” katanya.

“Penempatan kabel fiber optik yang terurai di jalan, ada juga yang terlihat mencuat keluar sehingga dapat mengganggu pejalan kaki,” tambahnya.

Sebelumnya, semrawutnya kabel dan pemasangan tiang provider di Kota Jambi ini disoroti anggota DPRD Kota Jambi, Muhammad Nasir saat membacakan Pandangan Fraksi Demokrat Kebangsaan (PKB dan Demokrat) pada Paripurna Pandangan Fraksi-fraksi atas Lima Ranperda.

Ia menyebut, terkait hal itu sangat menganggu estetika serta keselamatan pengendara.

Menurutnya, kesemrawutan kabel telekomunikasi terjadi dimana-mana, baik di jalur Kota maupun lorong pemukiman.

“Terkait kabel dan tiang provider yang semrawut itu, kita minta untuk di atasi. Pemerintah harus selektif saat mengeluarkan izin. Jangan hanya berorientasi pada pendapatan daerah, tapi pengawasannya tidak ada,” ujarnya.