SEKATOJAMBI.COM, Kualatungkal – Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat (Wabup Tanjabbar), H. Hairan, SH, menghadiri sekaligus membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Forkopimda dengan isu pembahasan utama terkait pelaksanaan perayaan Hari Raya Idul Adha dan pelaksanaan Ibadah Qurban Kabupaten Tanjabbar, Rabu (21/06/23).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Hotel Ar-Riyadh ini turut dihadiri oleh Dandim 0419/Tanjab/mewakili, Kejari Tanjab Barat/mewakili, Para Kepala OPD Terkait serta Camat se-Kabupaten Tanjabbar dan undangan lainnya.

Adapun beberapa isu yang dibahas pada Rakor diantaranya kondusifitas daerah (stabilitas politik, hukum dan keamanan), ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok, stock hewan qurban, kesehatan hewan qurban dan perbedaan penetapan Hari Raya Idul Adha.

Wabup dalam sambutannya menyampaikan pada hakikatnya Pemerintah Daerah adalah pelayan masyarakat karena Pemerintah Daerah tidak diadakan untuk melayani diri.

“Pemerintah Daerah hakikatnya adalah untuk melayani masyarakat serta menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban yang memungkinkan setiap anggota masyarakat mengembangkan kemampuan dan kreativitasnya demi mencapai tujuan bersama begitu juga dalam menghadapi situasi jelang Hari Raya Idul Adha tahun ini agar terlaksana dengan baik, khidmat dan sehat,” tutur Wabup.

Lebih lanjut, Wabup mengatakan bahwa salah satu upaya yang telah dilakukan Pemkab Tanjabbar dalam pengendalian angka inflasi adalah kegiatan Gerak Pangan Murah menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023 M dengan melibatkan stakeholder terkait.

“Kondisi berikut yang patut menjadi perhatian kita bersama adalah pengawasan dan pemeriksaan hewan qurban seperti wabah penyakit mulu yang terjadi pada tahun lalu, meskipun kondisi ini dapat dikendalikan namun harus tetap diwaspadai. Begitu juga dengan perbedaan penetapan Hari Raya Idul Adha 1444 H hal ini harus kita sikapi dengan mengedepankan rasa toleransi dan saling menghargai,” ujar Hairan.

Sebelum menutup sambutannya, Wabup menghimbau agar semua pihak dapat berperan aktif dan bersinergi bersama masyarakat demi keberlangsungan pembangunan nasional daerah untuk mewujudkan Tanjabbar berkah. (SEKATOJAMBI.COM/*)