Jambi – Aparat kepolisian terus melakukan antisipasi, terhadap kemacetan di saat lebaran tahun 2023 ini.

Arus mudik yang dilakukan masyarakat, bakal meningkatkan volume kendaraan di jalan raya. Begitu juga arus balik.

Beberapa faktor ini lah yang biasanya menimbulkan kemacetan di jalanan.

Untuk itu dalam rangka mengantisipasi terjadinya kemacetan di jalan raya, Direktorat Lalu Lintas Polda Jambi memberlakukan aturan ini.

Menurut Dirlantas Polda Jambi Kombes Pol Dhafi,  mulai hari Senin tanggal 17 April 2023 pukul 00.00 wib, angkutan batu bara dan barang tak boleh lagi melintas.

Kondisi ini kata dia, akan tetap berlanjut hingga dengan 30 April 2023 pukul 00.00 wib.

“Ini dilakukan sesuai dengan hasil keputusan bersama untuk Wilayah Provinsi Jambi sehingga untuk angkutan batu bara dan angkutan barang lainnya pada tanggal 17 April 2023 mendatang sudah tidak dapat beroperasional,” kata Kombes Dhafi.

Dirlantas Polda Jambi Kombes Pol Dhafi menyebutkan, bahwa pada tanggal 17 mendatang, angkutan batu bara dan barang lainnya tidak bisa beroperasi ataupun melintas.

“Yang boleh beroperasi hanya angkutan yang membawa sembako, BBM, dan kendaraan angkutan barang ekspor impor yang resmi dikeluarkan oleh Pemerintah, ” ujarnya, Sabtu 15 April 2023.

Kombes Dhafi menegaskan, jika masih ada yang melintas pada tanggal yang ditentukan tersebut yaitu 17 April, maka akan anggota di lapangan akan melakukan penindakan tegas.

“Bukan SIM atau STNK yang kita tilang, namun kendaraannya akan kita tahan,” kata Kombes Dhafi.

Dirinya menambahkan, mengingat arus mudik dan arus balik ini diperkirakan akan meningkat maka kita berlakukan dari tanggal 17 April hingga tanggal 30 April 2023 mendatang sehingga angkutan batu bara ataupun angkutan barang lainnya tidak menjadi penghambat atau penyebab kemacetan.