SEKATOJAMBI.COM, SAROLANGUN – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sarolangun, Ahmad Nasri membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Standar Operasional Prosedur Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR).

Kegiatan ini di narasumber oleh Kepala Bidang, IPK Dinas Kominfo Sarolangun Muhammad Iqbal, dihadiri puluhan orang mahasiswa, dan Wakil Ketua STAI Ma’arif yang berlangsung di Kampus STAI Ma’arif Sarolangun.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sarolangun, Ahmad Nasri menjelaskan pentingnya peran publik dalam peningkatan mutu pelayanan kepada masyarakat.

“Negara wajib merespon segala kritikan dan masukan dari masyarakat kita. Negara kita adalah negara dengan sistem demokratis, oleh sebab itu kita harus transparan dan mempertanggungjawabkan segala kegiatan dinas yang menggunakan anggaran negara,” jelasnya.

Kepala Bidang IPK Dinas Kominfo Sarolangun Muhammad Iqbal juga menyampaikan bahwa Pemerintah sebagai pengambil kebijakan harus siap bertransformasi, melakukan pembenahan dan inovasi agar dapat memberikan pelayanan secara cepat, tepat, aman mudah, dan efesion termasuk dalam hal pelayanan pengaduan dan informasi publik.

“Aplikasi SP4N-LAPOR adalah salah satu kanal yang disediakan pemerintah untuk menampung kritik dan masukan dari masyarakat dan harus kita respon setiap laporan yang masuk,” ujar Muhammad Iqbal, Kamis (30/11/2023).

Pelaksanaan kegiatan sosialisasi SOP SP4N-LAPOR dapat berjalan dengan baik. Karena masyarakat yang kian demokratis yang kritis terhadap Pemerintahannya, dalam artian semakin banyak masyarakat, yang kitis sikan pengaduan, pertanyaan, saran, dan bentuk lain berarti semakin banyak masyarakat yang pintar dan melek akan informal dan haus akan perhatian dari Pemerintah.

“Kritik yang disampaikan secara langsung atau melalui kanal-kanal medsos seolah menjadi public approval dizaman sekarang, dan itu juga harus dengan bijak oleh pemangku kepentingan. Kami mengucapkan terimakasih kepada kampus STAI Ma’arif Sarolangun telah berkenan meluangkan waktunya untuk kegiatan sosialisasi ini,” jelasnya.

Ia juga berharap, semoga para peserta yang hadir dapat melayani aduan publik dengan lebih bijaksana dengan berbekal pengetahuan dan tata cara alur pengelolaan pengaduan yang didapatkan melalui sosialisasi ini.

“Dengan Bismillahirahmannirahim secara resmi Sosialisasi SP4N LAPOR ini dimulai. Semoga apa yang kita bahas dapat bermanfaat dalam peningkatan pelayanan informasi dan pengelolaan pengaduan masyarakat yang lebih baik lagi ke depannya,” tutupnya