SekatoJambi.com, Jambi – Tim Dinas Sosial Kota Jambi  bersama petugas SLRT, Babinsa dan Bhabinkamtibmas melakukan respon kasus ODGJ di RT 26 Kelurahan Payo Selincah Kecamatan Paal Merah, Senin  (17/10/21).

Diketahui, Orang dalam gangguan jiwa atau yang lebih dikenal dengan ODGJ sering kita temui di tengah kehidupan masyarakat.

Dikonfirmasi SekatoJambi.com, Kepala Dinas Sosial Kota Jambi Noviarman, ME mengatakan Terkait dengan penanganan PSKS (peyandang masalah kesejateraan sosial) ada 26 indikator antara lain Wanita tunas susila kemudian anak jalanan, gepeng, kemudian gelandangan dan pengemis, manusia cat (manusia silver) Termasuk ODGJ.

Kemudian dinas sosial langsung menurunkan tim untuk menanggani laporan warga yang ada di kelurahan payo selincah terkait ODGJ.

“kami dinas sosial hanya membantu bukan menyembukan orang gangguan jiwa tapi kami membantu evakuasi, membantu penjeputan evakuasi ketika warga membutuhkan dinas sosial untuk menjemput dan mengantar ODJG kerumah sakit jiwa dan ODGJ tersebut wajib tes swab di puskesmas terdekat karna ketentuan dari rumah sakit jiwa”. Terangnya Noviarman.

menambahkan “Apabila ODGJ yg terlantar ada keluarga, ya wajib ikut mengantarkan ke rumah sakit jiwa”. Tegasnya.

Kemudian Kadis Dinas sosial Kota Jambi melalui Noviarman, ME menyebutkan warga masyarakat jangan Segan-segan melapor ke dinas sosial terkait masalah sosial seperti ODGJ, gepeng, penggemis.

“Bantuan sosial yang kami berikan dari dinas sosial dan kemensos untuk warga yg tidak mampu dan harus terdaftar di DTKS (data terpadu kesejateraan sosial)”. Pungkasnya Pak Kadis dinsos.

“silakan masyarakat hubungi 112 untuk tindak lanjut dalam permasalah di lingkungan”. tambahnya.

(Red)