SEKATOJAMBI.COM, MUARABULIAN – Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Batanghari, indeks pembangunan manusia (IPM) di Kabupaten Batanghari mengalami peningkatan di tahun 2023 diangka 72,50 persen. Dimana pada tahun 2022 berada di 71,99 persen.

Kepala BPS Kabupaten Batanghari, Hartono menjelaskan bahwa untuk penyusunan IPM sendiri ini dilihat berdasarkan usia harapan hidup, pengetahuan dan standar hidup layak.

Di mana IPM sendiri dihitung dengan tujuan untuk mengetahui dan membandingkan kualitas sumber daya manusia di suatu wilayah.

“Jadi IPM ini digunakan untuk membandingkan kualitas SDM pada wilayah. Dengan dimensi penyusun yakni harapan hidup, pendidikan dan standar hidup layak,” jelasnya.

Di provinsi Jambi sendiri kabupaten Batanghari berada pada urutan ke enam untuk indeks pembangunan manusia.

Hartono mengatakan bahwa peningkatan IPM di Kabupaten Batanghari sejalan dengan peningkatan pelayanan kesehatan dan juga pendidikan di Kabupaten Batanghari.

“Kenaikan ini kami lihat berdasarkan sisi kesehatan, tingkat kesehatan di Batanghari meningkat. Kemudian pendidikan, harapan sekolah,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa IPM di Kabupaten Batanghari dalam kurun empat tahun terakhir secara bertahap mengalami peningkatan.