MUARASABAK – Dalam kurun waktu 9 hari, amukan Si Jago Merah telah menghanguskan beberapa banguna di 4 kecamatan yang ada di Kabupaten Tanjab Timur.

Pada tanggal 5 April 2023, musibah kebakaran meluluhlantahkan satu bangunan rumah warga di  Kelurahan Nipah Panjang II, Kecamatan Nipah Panjang.

Lalu, pada tanggal 9 April 2023, kobaran api menghanguskan 4 ruang yang ada di SDN 105/X, yang berlokasi di Desa Rantau Makmur, Kecamatan Berbak.

Kemudian, pada tanggal 10 April 2023, satu bangunan rumah warga yang ada di Kelurahan Rantau Indah, Kecamatan Dendang juga mengalami musibah yang sama.

Selanjutnya, pada tanggal 12 April 2023, kobaran api yang sangat besar juga dengan cepat meratakan bangunan rumah berbahan papan milik warga di Kelurahan Parit Culum I, Kecamatan Muarasabak Barat.

Dan berselang satu hari, musibah kebakaran ini kembali terjadi di Desa Teluk Kijing, Kecamatan Nipah Panjang, yang membuat satu rumah panggung berbahan papan hangus dilahap Si Jago Merah.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Tanjab Timur, Helmi Agustinius mengatakan, rata-rata, dari hasil pemeriksaan sementara, musibah kebakaran yang terjadi di 4 kecamatan tersebut, bersumber dari adanya hubungan pendek arus listrik.

“Kalau untuk estimasi kerugian dari 5 kejadian kebakaran itu, sudah mendekati angka Rp 300 juta,” sebutnya, Kamis 13 April 2023.